MANFAAT MENUNAIKAN ZAKAT

Menunaikan zakat merupakan kewajiban bagi umat Islam sebagai kepatuhan kepada Allah tabarakta wata’ala, termasuk berguna bagi sesama yang membutuhkannya. Dengan zakat mengajarkan seseorang akan keikhlasan dan kedermawanan, sekaligus meningkatkan rasa kepedulian terhadap penderitaan fakir miskin. Apa saja sebenarnya manfaat zakat dilihat dari segi akhlak, keagamaan dan sosial?
Selain memberikan manfaat dari segi keagamaan dan memperbaiki akhlak, zakat juga bisa dirasakan dari segi sosial. Apa saja manfaat yang bisa dirasakan bagi seseorang yang dengan ikhlas menunaikan zakat?
a. Zakat bisa membantu fakir miskin dalam memenuhi kebutuhannya.
b. Zakat mampu memperkuat tali persaudaraan dan ukhuwah islamiyah.
c. Menunaikan zakat bisa menghilangkan rasa iri hati dan dengki yang bersemayam di dada para fakir miskin. Keberadaan orang-orang kaya itu sama sekali tidak memberikan manfaat apapun bagi orang yang tidak mampu secara ekonomi. Sedangkan para orang kaya itu tidak menunaikan zakat dan bersedekah kepada fakir miskin.Sehingga terhindar dari bentrokan secara fisik dan menghilangkan segala penyakit hati.
d. Menunaikan zakat bisa menambah harta dan meningkatkan keberkahan harta. Seperti yang tertuang di dalam hadist Nabi Muhammad shalallahu alaihi wa salam yang menyatakan sedekah itu tidak mengurangi harta. Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,“Sedekah tidaklah mengurangi harta.” HR. Muslim no. 2558
Sahabat, yuk tunaikan zakat untuk menunaikan kewajiban kita.
Transfer zakat:
.
Bank Muamalat
Kode bank 147
457.000.1478
A.n Yayasan Bina Yatim Dhuafa
Konfirmasi wakaf ; 082123003001
Bismillah. Niatkan sedekah tuk memohon ridho Allah ta’ala.
YouTube: sunnahpeduliyatim
Fanspage : peduli Yatim
Instagram: peduli.yatim

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Sapa Kami, Terhubung WA Admin
Ahlan wa sahlan, Anda bisa kirim pesan disini !