Mengungkit-ungkit Kebaikan Menggugurkan Pahala Amal

Sahabat Di antara bentuk penyakit dan maksiat lisan (lidah) adalah mengungkit-ungkit pemberian kepada orang lain. Misalnya seseorang mengatakan kepada temannya, “Bukankah dulu aku yang telah memenuhi kebutuhanmu saat kamu kesusahan, mengapa sekarang melupakanku?” atau kalimat-kalimat semacam itu.
Allah Ta’ala berfirman,
يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُبْطِلُوا صَدَقَاتِكُمْ بِالْمَنِّ وَالْأَذَى
“Wahai orang-orang yang beriman, janganlah kalian batalkan (pahala) sedekah kalian dengan mengungkit-ungkit pemberian dan menyakiti (yang diberi).” (QS. Al-Baqarah [2]: 264)
Baca Juga: Keutamaan Membangun Masjid Dengan Niat Yang Ikhlas
Dalam ayat di atas, Allah Ta’ala jelaskan bahwa perbuatan suka mengungkit-ungkit pemberian yang telah disedekahkan atau dihadiahkan kepada orang lain itu dapat membatalkan (menghapuskan) pahala. Dan perbuatan suka mengungkit-ungkit pemberian menunjukkan kurangnya iman orang tersebut. Karena dalam ayat di atas, Allah Ta’ala awali dengan “Wahai orang-orang yang beriman … “. Dengan kata lain, tuntutan atau konsekuensi dari keimanan kepada Allah Ta’ala adalah tidak melakukan hal yang demikian itu.
MasyaAllaah tabarakallah
.
Semoga Allaah menghindarkan kita dari segala sifat buruk dan senantiasa ikhlas dalam setiap amal ibadah yang kita lakukan.
.
Sedekah Pendidikan melalui:
.
Bank Muamalat
Kode bank 147
457.000.1478
A.n Yayasan Bina Yatim Dhuafa
Konfirmasi ; 082123003001
Bismillah. Niatkan sedekah tuk memohon ridho Allah ta’ala.
.
YouTube: sunnahpeduliyatim
Fanspage : peduli Yatim
.Mungkin gambar teks yang menyatakan 'sunnahpeduliyatim www.sunnahpeduliyatim.com @peduli.yatim f Peduli Mengungkit-ungkit PEMBERIAN MENGGUGURKAN PAHALA AMAL REDULI ULI YATIA TOLIVEISTOG GIVE TOLIVE Allah Ta'ala berfirman: "Wahai orang-orang yang beriman! Janganlah kamu merusak sedekahmu dengan menyebut-nyebutnya -nyebutnya dan menyakiti (perasaan penerima)" (Qs. Al-Baqarah 264) Yuk Semoga amalan kita terjaga dari hal- Perbanyak Pahala Sedekah!!! Jangan Lupa Sedekah!! yang menggugurkan Bank Muamalat (Kode bank 147) 457 000 1478 A.n Yayasan Bina Yatim Dhuafa Konfirmasi ke 082123003001'

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1
Sapa Kami, Terhubung WA Admin
Ahlan wa sahlan, Anda bisa kirim pesan disini !