Surat Al-Kahfi

Surat Al-Kahfi termasuk dalam golongan Surat Makiyyah atau surat yang diturunkan di kota Makkah. Sebenarnya membaca Al-Kahfi tidak hanya dibaca pada hari Jum’at saja melainkan setiap hari. Namun, akan lebih baik dibaca pada Kamis saat terbenamnya matahari atau di hari Jum’at.

Rasullah menjelaskan bahwa betapa pentingnya mengamalkan surat tersebut. Ternyata, Al-Kahfi memiliki segudang manfaat, yakni:

1. Diampuninya Dosa
Manusia pasti tak memiliki dosa baik dosa yang disadari maupun yang tidak disadari. Setan akan berusaha untuk memperdaya mansuia dalam berbuat dosa, sehingga manusia bisa menjadi teman bagi setan di neraka nanti.

Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang mau bertaubat. Dengan membaca surat Al-Kahfi penuh keikhlasan, maka akan terpancar cahaya dari bawah kakinya sampai ke langit, yang nantinya akan menerangi saat hari kiamat serta diampuni dosanya.

Nabi shalallaahu alaihi wa sallam bersabda, “Barang siapa yang membaca Surat Al-Kahfi pada hari Jumat, akan dibentangkan baginya cahaya mulai dari bawah telapak kakinya sampai ke langit. Cahaya itu akan memancarkan sinar baginya pada hari kiamat. Dan ia akan mendapatkan ampunan dari Allah di antara dua Jumat.”

2. Terhindar Dari Fitnah Dajjal Hanya sedikit sekali manusia yang selamat dari fitnah Dajjal. Baik ketika masa datangnya Dajjal, maupun nanti menjelang masa datangnya Dajjal.

Penting bagi kita untuk menjaga diri dari berbagai tipu daya dan penyesatan yang dilakukan para pejuang kesesatan.

Diantara keutamaan Al-Kahfi adalah menjaga diri dari fitnah Dajjal.

Terdapat rahasia besar saat seseorang menghafal ayat 1-10 Al-Kahfi. Berdasarkan Hadist Riwayat Muslim nomor 809, dari Abu Darda’ radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda “Siapa yang menghafal sepuluh ayat pertama dari surat Al-Kahfi, maka ia akan terlindungi dari Dajjal (fitnah).”

3. Pengingat Hari Kiamat
“Dan (ingat lah) pada hari (ketika) Kami perjalankan gunung-gunung dan engkau melihat bumi rata dan Kami kumpulkan mereka (seluruh manusia), dan tidak Kami tinggalkan seorang pun dari mereka.”

www.sunnahpeduliyatim.com
#alkahfi #jumatberkah
#kahfi #peduliyatim #santri

Leave a Reply

Your email address will not be published.

1
Sapa Kami, Terhubung WA Admin
Ahlan wa sahlan, Anda bisa kirim pesan disini !